Sinopsis dan Fakta Menarik Film Horor ‘MUNKAR’: Adaptasi Urban Legend Jawa Timur – Adhisty Zara Tampil Berhijab

Sinopsis dan Fakta Film Horor ‘MUNKAR’, Diangkat dari Urban Legend Jawa Timur – Ada Adhisty Zara Mode Berhijab

Adhisty Zara kembali muncul di layar lebar lewat film horor berjudul MUNKAR yang akan tayang pada 7 Februari 2024 nanti. Film yang diproduksi oleh MD Pictures ini juga menjadi momen pembuktian Zara untuk pertama kalinya menjadi pemeran utama di film horor. Hal menarik lainnya dari film ini yaitu kisah yang diangkat berasal dari urban legend terkenal di Lamongan, Jawa Timur bernama Herlina.

Urban legend hantu Herlina ini mengisahkan tentang seorang santriwati yang kerap mendapat perlakuan buruk dari teman-temannya hingga akhirnya meninggal saat ingin kabur dari pesantren. Orang tua Herlina yang tidak terima anaknya telah meninggal pun akhirnya membalas dendam ke pesantren itu dengan mengirimkan sosok Herlina untuk meneror mereka. Dilansir dari beritasantri.net, kisah hantu Herlina ini cukup populer di kalangan santri-santri yang mondok di pesantren daerah Lamongan dan Jombang.

Kisah yang diangkat film ini pastinya akan bikin susah tidur dan khawatir para KLovers yang saat ini sedang di pesantren. Meski begitu, film ini patut untuk dinantikan di bioskop karena digarap oleh sutradara horor handal Anggy Umbara. Pengen tahu lebih lanjut tentang film MUNKAR? Yuk simak sinopsis dan fakta di bawah ini!

1. Sinopsis ‘MUNKAR’

Diangkat dari urban legend Herlina, film ini menceritakan tentang gadis berkepribadian unik bernama Herlina yang sering mengalami perundungan oleh teman-temannya di pondok pesantren. Bukannya bersedih setiap dirundung, Herlina malah tertawa.

Suatu hari, ketika para guru dan pengurus pesantren bertemu untuk pertemuan kelas malam, Herlina ingin mencari perhatian dengan mencuri cincin milik istri Kyai. Saat dilakukan penggeledahan di seluruh tas santri, pengurus menemukan cincin tersebut di tas Herlina.

Herlina yang ingin menghindari hukuman pun memutuskan untuk kabur. Namun sayangnya ia malah ditabrak mobil dan kemudian meregang nyawa. Anehnya, sosok Herlina muncul keesokan harinya dan meneror para santri di pondok pesantren.

2. Bertabur Aktris Muda

Film yang dibintangi oleh Adhisty Zara ini juga menyoroti beberapa aktris muda lainnya. Ratu Sofya yang dikenal berkat perannya di sinetron DARI JENDELA SMP (DJS) memerankan tokoh Herlina yang akan menghantui pesantren. Saskia Chadwick yang juga tampil di DJS ikut berperan sebagai santriwati. Beberapa pemeran lainnya ada, Kaneishia Yusuf, Khadijah Aruma, Elma Theana, Tio Pakusadewo, Ayu Hastari, Miqdad Addausy, Husein Al Athas, Vonny Anggraini, Santana Sartana.

3. Dikritik Bikin Takut Beribadah

Akibat dari latar belakangnya di pondok pesantren hingga kisahnya yang sangat dekat dengan ibadah salat, film ini menuai kritik dari beberapa netizen sejak poster dirilis pada Senin (18/12/2023) lalu di Instagram @munkarfilm.

“Film kedua setelah makmum. Yang bikin orang-orang takut solat sendirian, terutama tahajjud. Hadeuh.” Tulis wr***

“Ini bisa membuat keimanan org tuh jd runtuh karna takut untuk sholat…” Tulis dv***

“Propaganda anti sholat ini mah.” Tulis sh***

Post Comment